Published februari 24, 2017 by Jagoan website

struktur dasar program atau bahasa pemrograman




pada materi ini membahas tentang dasar-dasar program di mulai dari bahasa C,pascal dan java silahkan di simak semoga bermamfaat.

A.    Tujuan Instruksional Khusus :

Setelah menyelesaikan praktikum ini, Anda diharapkan dapat:

1.  Memahami struktur dasar program.

2.  Menggunakan tipe data, konstanta, dan variabel dalam program.

3.  Membuat ekspresi dengan menggunakan operator bahasa pemrograman.


B.     Alur Praktikum

Praktikan membuat program dengan bahasa pemrograman yang sesuai pada kasus di Latihan dengan bimbingan Instruktur. Setelah itu, praktikan mengerjakan Tugas Praktikum tanpa bimbingan Instruktur. Tugas Praktikum dikerjakan menggunakan salah satu Bahasa Pemrograman pilihan Praktikan.

C.     Latihan

Latihan 1a :
Berikut ini adalah program untuk menampilkan teks “Selamat Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman” pada layar monitor. Buatlah kode program tersebut lalu lalu RUN.

BahasaC

#include <iostream.h> 
int main()
{
cout<< "Selamat Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!\n"; return 0;
}

Bahasa Pascal

Program Selamat; 
Begin
Writeln(‘Selamat Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!’); Readln;
End.

Bahasa Java

public class Selamat {
public static void main (String [] args){ System.out.println(‘Selamat Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!’);
}
}

Latihan1.b :

Berikut adalah program untuk menghitung penjumlahan dua bilangan dengan
variabel x, y, dan jml yang bertipe Integer. Buatlah kode program tersebut lalu RUN.

BahasaC

#include <iostream.h> int main() {
int x,y,jml;
cout<<"Masukkan x: ";cin>>x; cout<<"Masukkan y: ";cin>>y; jml=x+y;
cout<<"\n";
cout<<"Hasil x + y = "<< jml; return 0;
}

Bahasa Pascal

program Jumlah;
var x,y,jml : integer; begin
write(‘Masukkan x: ‘);readln(x); write(‘Masukkan y: ‘);readln(y); jml:=x+y;
writeln;
writeln(‘Hasil x + y = ‘,jml); readln; end.

Bahasa Java

import java.util.Scanner; public class Jumlah {
public static void main (String [] args) { Scanner input = new Scanner (System.in); int x, y, jml;
System.out.print (“Masukkan x : ”); x = input.nextInt(); System.out.print (“Masukkan y : ”); y = input.nextInt();
jml = x + y;
System.out.prinln(‘Hasil x + y = ’+ jml);
}
}

Latihan1.c :

Untuk latihan 1.c praktikan diharapkan untuk melakukan perhitungan luas persegi panjang. Dimana nilai dari Panjang (p) dan Lebar (l) diinput oleh user, untuk mendapatkan nilai Luas (L). Catatan dalam praktikum ini praktikan diharapkan membuat dua proram yaitu nilai (p) dan (l) ditetapkan secara konstan, serta nilai (p) dan (l) diinput oleh user. (Silahkan Evaluasi prosesnya).

E.  TUGAS PRAKTIKUM


1.      Tulislah program untuk menampilkan teks berikut pada layar monitor. Kuliah di Universitas Muslim Indonesia
Mencetak Sarjana Komputer dengan Kompetensi Expert


2.      Buatlah aplikasi untuk menghitung luas permukaan dan volume bola dengan rumus:

L = 4 * ∏* r2 V = 4/3 * ∏ * r 3
r adalah jari-jari lingkaran dan ∏ adalah sebuah bilangan tetap yang nilainya 3.14.


3.      Buatlah aplikasi untuk mengkonversi suhu dalam satuan Celcius (C) ke satuan Fahrenheit (F), Reamur (R), dan Kelvin (K). Rumus konversinya adalah sebagai berikut:
F = (9/5*C) + B;                      R = C + B;       dan K = (4/5 * C)
B pada rumus di atas adalah bilangan tetap yang besarnya 32. 


semoga bermanfaat silahkan tunggu postingan berikutnya. terima kasih