pada materi ini membahas tentang dasar-dasar program di mulai dari bahasa C,pascal dan java silahkan di simak semoga bermamfaat.
A.
Tujuan Instruksional Khusus :
Setelah
menyelesaikan praktikum ini, Anda diharapkan dapat:
1. Memahami struktur dasar
program.
2. Menggunakan tipe data,
konstanta, dan variabel dalam program.
3. Membuat ekspresi dengan
menggunakan operator bahasa pemrograman.
B. Alur
Praktikum
Praktikan membuat program dengan bahasa pemrograman yang sesuai pada
kasus di Latihan dengan bimbingan Instruktur. Setelah itu, praktikan
mengerjakan Tugas Praktikum tanpa bimbingan Instruktur. Tugas Praktikum
dikerjakan menggunakan salah satu Bahasa Pemrograman pilihan Praktikan.
C. Latihan
Latihan 1a :
Berikut ini adalah program untuk menampilkan teks “Selamat Datang di Praktikum
Pengantar Pemrograman” pada layar monitor. Buatlah kode program tersebut lalu
lalu RUN.
BahasaC
#include <iostream.h>
int main()
{
cout<< "Selamat
Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!\n"; return 0;
}
Bahasa Pascal
Program Selamat;
Begin
Writeln(‘Selamat Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!’); Readln;
End.
Bahasa Java
public
class Selamat {
public static void main (String [] args){ System.out.println(‘Selamat
Datang di Praktikum Pengantar Pemrograman..!’);
}
}
Latihan1.b :
Berikut
adalah program untuk menghitung penjumlahan dua bilangan dengan
variabel
x, y, dan jml yang bertipe Integer. Buatlah kode program tersebut lalu RUN.
BahasaC
#include <iostream.h>
int main() {
int x,y,jml;
cout<<"Masukkan
x: ";cin>>x; cout<<"Masukkan y: ";cin>>y;
jml=x+y;
cout<<"\n";
cout<<"Hasil x +
y = "<< jml; return 0;
}
Bahasa
Pascal
program Jumlah;
var x,y,jml : integer;
begin
write(‘Masukkan x: ‘);readln(x); write(‘Masukkan y:
‘);readln(y); jml:=x+y;
writeln;
writeln(‘Hasil x + y = ‘,jml); readln; end.
Bahasa Java
import
java.util.Scanner; public class Jumlah {
public static void main (String
[] args) { Scanner input = new Scanner (System.in); int x, y, jml;
System.out.print (“Masukkan x : ”); x = input.nextInt();
System.out.print (“Masukkan y : ”); y = input.nextInt();
jml
= x + y;
System.out.prinln(‘Hasil x + y = ’+ jml);
}
}
Latihan1.c :
Untuk latihan 1.c praktikan diharapkan untuk melakukan perhitungan luas
persegi panjang. Dimana nilai dari Panjang (p) dan Lebar (l) diinput oleh user,
untuk mendapatkan nilai Luas (L). Catatan dalam praktikum ini praktikan
diharapkan membuat dua proram yaitu nilai (p) dan (l) ditetapkan secara
konstan, serta nilai (p) dan (l) diinput oleh user. (Silahkan Evaluasi
prosesnya).
E.
TUGAS PRAKTIKUM
1. Tulislah
program untuk menampilkan teks berikut pada layar monitor. Kuliah di
Universitas Muslim Indonesia
Mencetak
Sarjana Komputer dengan Kompetensi Expert
2. Buatlah aplikasi untuk
menghitung luas permukaan dan volume bola dengan rumus:
L = 4 * ∏*
r2 V =
4/3 * ∏ * r 3
r adalah
jari-jari lingkaran dan ∏ adalah sebuah bilangan tetap yang nilainya 3.14.
3. Buatlah
aplikasi untuk mengkonversi suhu dalam satuan Celcius (C) ke satuan Fahrenheit
(F), Reamur (R), dan Kelvin (K). Rumus konversinya adalah sebagai berikut:
F = (9/5*C) + B; R = C + B; dan K = (4/5 * C)
B pada rumus
di atas adalah bilangan tetap yang besarnya 32.
semoga bermanfaat silahkan tunggu postingan berikutnya. terima kasih