Pendahuluan
Kewirausahaan adalah suatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat,dasar,sumber daya,proses,dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.
Teknopreneurship dan Era Digital
Teknopreneur adalah mereka yang mendasarkan ke"entrepreneuran"nya berdasarkan keahlian berbasis teknologi sebagai unsur utama pengembangan produknya. Inovasi dan kreativitas sangat mendominasi dalam hal ini teknopreneur tidak sekedar menjual barang komoditas namun mereka menjual produk inovatif yang mampu menjadi substitusi maupun komplemen dalam kemajuan peradaban manusia.
Memulai Bisnis dan Peluang Usaha
Tahapan untuk memulai bisnis baru dimuali dari Ide, Sumberdaya (Dana, SDM, Barang, Lokasi, Dll), Obyek bisnis memiliki pasa, Memperhatikan peluang pasar sebelum produk diciptakan.
Cara Mendirikan Usaha
5 Sebab/cara seseorang mulai merintis usahanya;
1. Faktor keluarga pengusaha;
2. Sengaja terjun menjadi pengusaha;
3. Kerja sampingan (iseng);
4. Coba-coba;
5. Terpaksa;
Menilai Kebutuhan, Posisi dan Pengembangan Usaha
Kebutuhan Usaha adalah hal-hal yang harus dipenuhi perusahaan untuk mendirikan dan menjalankan usaha dari awal hingga perusahaan beroperasi
Pembiayaan Usaha
Dalam arti sempit, pembiayaan dipakai untuk mendefinisikan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan seperti bank syariah kepada nasabah. Pembiayaan secara luas berarti financing atau pembelanjaan yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain.
Pengembangan Produk/Jasa
Proses pengembangan produk baru
1. Menciptakan ide
2. Memilih ide
3. Mengevaluasi ide
4. Melakukan pengembangan
5. Melakukan komersialisasi
The Marketing Concept & Marketing Mix
Marketing Concept adalah pendekatan pemasaran yang mengutamakan memberikan produk/layanan jasa yang sesuai bagi pelanggan. Karena dalam konsep ini terpenuhinya kepuasan konsumen saat menggunakan produk atau layanan kita lebih penting dibandingkan dengan kuantitas produk atau layanan jasa yang mampu dicapai oleh perusahaan. Dengan terpenuhinya kepuasan konsumen yang diinginkan, diharapkan akan mampu membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk atau layanan yang kita berikan, terlebih lagi konsumen yang terpuaskan akan melakukan promosi word of mouth dengan sendirinya.
Marketing Mix adalah sekumpulan variable – variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran
Financial Plan
Financial Plan atau Perencanaan Keuangan adalah suatu proses pengelolaan keuangan yang dilakukan secara disiplin, konsisten dan dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Konsep Time Value of Money
Konsep Time Value of Money merupakan suatu perkiraan yang didasarkan atas perhitungan bahwa nilai uang yang diterima saat ini lebih berharga daripada yang diterima esok hari.
Bussiness Plan
Business plan merupakan rancangan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh terhadap semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis.